√ Tradisi Unik Di Jepang Yang Patut Dicoba Saat Menghabiskan Liburan Tahun Baru

Tiap negara atau kota punya budaya perayaan tahun baru yang beda-beda. Ada yang rame banget, ada yang lebih kalem. Di Jepang juga gitu, mereka panggil tahun baru sebagai shogatsu atau oshogatsu. Buat orang Jepang, ini liburan paling penting di tahun baru. Mulai dari tanggal 29 Desember sampai 3 Januari, hampir semua orang Jepang libur dari kerjaan mereka. Selain itu, di Jepang juga ada tradisi yang unik dan beda dari negara lain yang bisa bikin perayaan tahun baru makin spesial.

Kalo kita mau liburan akhir tahun di Jepang, coba deh ikutan tradisi2 unik ini biar tahun barunya beda dari biasanya.

Memukul Genta Hingga 108 Kali Di Kuil

Tahun baru di Jepang selalu ada tradisi pemurnian diri yang keren abis. Namanya “joya no kane” dan diadain di kuil-kuil Buddha di seluruh Jepang pas hari terakhir tahun.

Awal tahun baru di Jepang dipanggil Ganjitsu. Dulu, Jepang rayain tahun barunya pas musim semi dan barengan sama Tahun Baru Imlek, Vietnam, dan Korea.

Tapi tahun 1873, Jepang pindah merayain tahun baru pas tanggal 1 Januari setelah pemerintah pakai kalender Gregorian.

Pas malam tahun baru, ada ritual mukul genta 108 kali di kuil biar jauh dari 108 jenis nafsu jahat manusia.

Terus, pas pagi harinya, orang Jepang pada kunjungin kuil buat berdoa di tahun baru. Biasanya ini orang Jepang panggil “hatsumode”.

Baca Juga:  Tempat Bulan Madu di Jepang yang Asoy

Selain jadi tempat wisata waktu musim tahun baru, beberapa kuil di Jepang juga cantik banget waktu musim semi.

Menikmati Hidangan Soba “Toshikosi” Di Malam Tahun Baru

Jepang emang terkenal banget sama makanannya yang enak-enak, salah satunya bisa kita cobain pas malem tahun baru yaitu Soba “Toshikosi”.

Soba artinya pergantian tahun, dan Soba “Toshikosi” yang ada di Jepang jadi makanan terakhir yang dimakan di akhir tahun.

Tujuannya simpel dan simbolis, soalnya persiapan menyambut tahun baru udah ngabisin banyak waktu jadi makanan yang simpel aja kayak mie tipis dari bahan buckwheat bisa bantu ringanin beban.

Ngga cuma itu, banyak orang juga percaya kalo mie panjang ini ngebawa simbol umur yang panjang. Jadi harapannya di tahun depan bisa tetep dikasih umur yang panjang dan sehat selalu.

Ada juga yang bilang kalo nasib kita bisa jelek kalo belum makan mie Soba pas menjelang pergantian tahun. Selain mie Soba, di Jepang banyak makanan halal yang enak buat dicoba pas liburan akhir tahun disana.

Menyaksikan Sunrise Pertama Di Tahun Baru

Di Jepang ada tradisi unik yang namanya “Hatsu Hinode”. Ini artinya Matahari Pertama atau yang disebut Goraiku, yang dianggap sebagai kedatangan Dewa. Dulu, orang Jepang bayangin kalo Dewa datang kayak pemandangan matahari terbit gitu.

Dan menurut kepercayaan orang Jepang, Dewa Keberuntungan datang pas Matahari Pertama (Hatsu Hinode) muncul.

Karena kepercayaan itu juga, banyak orang Jepang yang jalan-jalan ke tempat-tempat keren kayak puncak Gunung Fuji atau Inubosaki di Prefektur Chiba buat liat matahari terbit pertama yang cantik dan berdoa buat keberuntungan di tahun baru.

Tradisi ini ngga cuma bikin hati tenang dan damai, tapi juga jadi liburan akhir tahun di Asia yang ngga bakal dilupain.

Baca Juga:  29 Liburan Akhir Tahun di Jepang yang Asik

Melihat Ramalan Nasib Di Tahun Yang Baru Dari Sebuah Omikuji

Omikuji itu kertas ramalan buat ngebahas nasib seseorang buat masa depan. Isinya bisa tentang keberuntungan kerjaan, asmara, keluarga, atau kesehatan di masa yang akan datang. Ini salah satu tradisi unik yang paling banyak dicari orang di Jepang pas awal tahun.

Kayaknya orang-orang penasaran banget sama nasib mereka di tahun baru deh. Jadi, ngga ada salahnya kalo kita nyobain liat nasibmu di Omikuji.

Biasanya Omikuji ada di kuil atau tempat suci lainnya di Jepang.

Kalo kita mau ambil Omikuji, kita harus kasih uang dulu di kotak yang udah disediain, lalu ambil lidi dari tabung. Terus cocokin huruf di lidi itu sama laci di depannya. Kalo udah cocok, kita bisa ambil satu Omikuji. Di kertas itu bakal ada ramalan buat masa depanmu. Keren kan?

Bersulang Sake “Toso” Di Pagi Hari

Di Jepang bagian barat, ada kebiasaan unik pada pagi hari pertama tahun baru, yaitu bersulang dengan sake. Namun, sake yang diminum bukan sake biasa, melainkan sake “toso” atau obat yang diminum oleh seluruh anggota keluarga.

Cara membuatnya adalah dengan mencampurkan bubuk obat cina ke sake selama semalam, dan diminum menggunakan 3 piring tradisional yang bertumpuk di atas meja.

Sake ini mengandung berbagai ramuan alami, sehingga diyakini dapat membersihkan nasib buruk dari tahun sebelumnya dan memberikan kesehatan serta umur panjang. Menarik bukan?

Membeli Jimat Omamori Untuk Mendatangkan Keberuntungan

Gak boleh lupa nih, kalo lagi liburan di Jepang di awal tahun, wajib banget beli Omamori. Ini jimat yang bisa kita dapetin di kuil atau tempat suci lainnya di Jepang. Omamori terbuat dari kain dengan bentuk kotak dan ada tali di pojok atasnya buat digantung.

Baca Juga:  √ Tempat Wisata ala Jepang Di Medan

Jimat ini dipercaya bisa membantu kita dapet rejeki, jodoh, nolak roh jahat, dan ngilangin kesialan. Omamori juga ada dalam berbagai bentuk dan warna-warni yang menarik.

Banyak orang Jepang yang suka menggantung Omamori di tas mereka buat selalu dapet keberuntungan. Jadi kalo ke Jepang, jangan lupa buat beli Omamori ya!

Penutup

Nah, tadi kita sudah bahas tentang tradisi unik di Jepang yang bisa kita coba saat liburan tahun baru di sana. Buat kita yang baru pertama kali mau ke sana, segera deh mulai rencanain liburan ke Jepang. Kalau perlu, baca-baca dulu tips liburan ke Jepang yang bisa kita coba dan kenalin juga tempat wisata yang ada di sana. Apalagi kalau dana terbatas, kita bisa nih coba tips liburan hemat ke Jepang yang tetap seru dan asyik. Semoga info di atas berguna buat kita ya!