8 Taman Bunga di Medan yang Asik Buat Didatangi

Medan, siapa yang tidak kenal dengan kota besar yang juga menjadi ibu kota Sumatera Utara ini? Kota yang pesat perkembangannya dalam beberapa tahun terakhir ini, terkenal dengan keindahan Danau Toba serta menjadi destinasi wisata yang sangat diminati. Selain itu, dengan adanya bandara internasional Kuala Namu yang nyaman, semakin memudahkan para wisatawan untuk berkunjung ke Medan. Tak hanya keindahan alamnya, Medan juga memiliki daya tarik wisata berupa taman bunga yang mempesona. Beberapa taman bunga di Medan yang bisa dikunjungi saat berlibur di sana antara lain:

1. Taman Cadika Pramuka

Ada nih salah satu taman bunga keren di Medan, namanya Taman Cadika Pramuka. Lokasinya di Jalan Karya Wisata, Kecamatan Medan Johor, Kota Medan. Taman bunga ini udah ada sejak tahun 2012 dan luasnya bisa sampe 5.000 meter persegi, wow!

Kalo kita ke sana, pasti langsung merasa suasana taman yang asri dan hijau banget. Banyak pohon rindang di sana seperti smahoni, flamboyan, tanjung, kihujan, manggis, ketapang, rukam, kelapa, dan nam-nam. Selain itu, bunga-bunga yang beraneka warna juga menghiasi taman ini.

Kesan sejuk di taman ini semakin bertambah dengan adanya danau kecil yang bikin suasana makin asri dan sejuk. Walau ukurannya nggak terlalu besar, tapi danau buatan ini sangat indah dan airnya tenang banget. Udara di sana juga enak banget, karena banyak pohon dan bunga yang tumbuh di sekitar taman. Jadi, kalo kita lagi penat atau stress, dateng aja ke sini. Pasti bisa bikin kita merasa tenang dan rileks. Oh iya, di taman ini juga banyak bangku taman yang bisa dipakai buat istirahat atau sekedar duduk-duduk.

Nggak cuma itu aja, di taman Cadika Pramuka ini ada dua jembatan gantung yang bikin tempat ini tambah kece. Jembatan gantung itu melintasi danau dan bisa dilewati pengunjung. Makanya, jangan lupa bawa kamera kalau ke sana, biar bisa berburu foto yang instagramable.

Baca Juga:  25 Wisata Alam di Medan yang Memikat Wajib Dikunjungi

2. Taman Sri Deli

Taman Sri Deli tuh tempat yang punya sejarah banget dan warisan dari Kesultanan Melayu Deli. Dia lokasinya di Jalan Masjid Raya, deket banget sama Istana Maimun. Dari zaman Sultan Ma’mum Al Rasyid Perkasa Alam, Taman Sri Deli udah ada. Awalnya tujuannya cuma buat keluarga Sultan Deli tempat buat santai-santai. Tapi waktu itu, taman ini namanya Derikanpark.

Dulu Taman Sri Deli sempet ditinggalin dan kumuh, tapi sekarang dia udah direvitalisasi. Kondisinya jadi jauh lebih bagus, terawat, dan banyak wisatawan yang mau kesana. Di tengah taman ada kolam trapesium yang selalu dijaga kebersihannya, jadi keliatan indah terus.

Selain kolamnya, ada banyak fasilitas lainnya di taman ini, seperti toilet, tempat sampah, sama kursi-kursi taman buat duduk-duduk santai.

Di Taman Sri Deli ini juga ada beberapa foto memory yang kayak museum gitu. Di situ ada beberapa foto tentang sejarah Taman Sri Deli dan Kesultanan Melayu Deli dulu.

3. Taman Edukasi Avros

Ada sebuah taman yang sangat oke untuk dikunjungi, namanya Taman Edukasi Avros! Berlokasi di Jalan Avros, No. 60B Kota Medan, taman ini dikelilingi oleh Sungai Deli yang indah. Diresmikan pada tanggal 25 September 2014, Taman Edukasi Avros semakin terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan.

Taman ini memang cocok buat kita yang lagi butuh me-time, karena suasana di sana sangat tenang dan adem. Selain itu, banyak juga pohon hijau yang bikin suasana di sana semakin rindang dan sejuk.

Ada satu lagi hal yang bikin Taman Edukasi Avros ini keren abis, yaitu adanya program sekolah alam. Jadi, selain berwisata kita juga bisa belajar banyak tentang tumbuhan, sayuran, buah-buahan, obat-obatan herbal, dan lain-lain. Dan jangan salah, Taman Edukasi Avros juga punya wahana outbound yang asyik banget! Ada paintball, flying fox, halang rintang, dan juga olahraga memanah.

Baca Juga:  √ Tempat Wisata ala Jepang Di Medan

Yuk, langsung aja kunjungi Taman Edukasi Avros dan rasakan sendiri betapa serunya di sana!

4. Taman Ahmad Yani

Yuk, kita bahas taman bunga di Medan yang keren banget, nih! Namanya Taman Ahmad Yani, terletak di pinggiran Jalan Sudirman dan Jalan Imam Bonjol Medan. Kenapa dinamain Taman Ahmad Yani? Karena ada patung Monumen Ahmad Yani, yang tingginya sampai 11 meter loh!

Taman Ahmad Yani bener-bener sejuk dan asri banget. Taman seluas 2 hektar ini punya banyak pohon hijau yang lebat, jadi suasananya benar-benar adem. Selain itu, ada beberapa fasilitas olahraga yang bisa dipake sama warga sekitar, kayak jogging track dan alat olahraga lainnya.

Kalau kita bawa anak-anak, mereka pasti bakal seneng banget! Ada wahana permainan yang cocok untuk anak-anak, jadi mereka bakal betah bermain di sana. Taman ini bisa jadi pilihan buat wisata keluarga atau buat olahraga bareng temen-temen.

5. Taman Beringin

Kita bahas taman baru lagi nih, namanya Taman Beringin Medan. Taman ini berlokasi di perbatasan antara Jalan Cik Di Tiro sama Jalan Sudirman, Kota Medan. Asri banget deh, bahkan bagian dalam taman diatur kayak hutan kota, dengan kolam air mancur yang bikin nyaman dan adem.

Biasanya orang-orang kesini buat ngilangin penat dan melepas lelah. Tapi, taman ini juga cocok buat wisata keluarga, loh.

Ternyata, Taman Beringin ini adalah simbol persahabatan antara Kota Medan sama Amerika Serikat. Taman ini diresmikan pada tanggal 25 Oktober 2014, saat kunjungan kapal USS David Angkatan Laut AS yang datang ke Indonesia buat latihan bersama. Tujuannya adalah buat meningkatkan pertahanan maritim kedua negara.

6. The Le Hu Garden

Pengen cari taman yang banyak bunga-bunganya di Medan? Nih, mampir ke The Le Hu Garden deh. Di situ pemandangan bunganya cantik-cantik banget dan luas banget.

Taman ini sekarang udah terkenal banget di kalangan orang Medan, apalagi lokasinya gampang banget dicapai. Tinggal ke Patumbak, Deli Serdang aja, udah deket banget dari kota.

Baca Juga:  6 Air Terjun Medan yang Wajib Kamu Kunjungi

Pas weekend atau hari libur, orang Medan suka banget dateng ke taman ini buat melepas penat. Terus, anak muda juga sering banget dateng ke sini buat hunting foto, karena tempatnya oke banget buat foto-foto.

7. Taman Labirin

Di daerah wisata Danau Toba, ada kafe yang beda dari yang lain di Medan dan sekitarnya. Kafe ini punya taman labirin yang menarik buat dicoba bagi yang suka tantangan. Namanya Taman Labirin.

Taman labirin ini dibangun dari pepohonan hijau yang diatur dengan rapi. Dia berbentuk melingkar dengan rute tertentu dan bisa bikin kita teringat sama cerita dongeng.

Untuk masuk ke Taman Labirin, kita mesti beli tiket dulu. Kita bisa menjelajahi labirin itu mulai dari pintu masuk sampai dapat menemukan jalan keluarnya. Meski kelihatan gampang, tapi banyak jebakan yang perlu diwaspadai. Kalau enggak, kita bisa tersesat atau muter-muter di dalamnya.

Setelah berhasil keluar dari labirin, kita bakal menemukan pusat dari Simalem Resort yang namanya “Fountain of Wealth”. Dia berupa tugu air mancur yang banyak banget dikunjungi sama pengunjung buat foto-foto keren.

8. Kampung Wisata Bunga Bangun Sari

Kampung Wisata Bunga ada di Gang Madirsan, Desa Bangun Sari, Medan. Di situ ada gapura besar yang bertuliskan “Wisata Bunga Bangun Sari”.

Buat para wisatawan yang lewat Gang Madirsan, mereka bakal disambut sama berbagai macam bunga dan tanaman yang diatur dengan rapi. Ya jelas dong, soalnya sebagian besar kampung itu adalah petani bunga. Makanya tempatnya adem dan menenangkan mata. Maklum aja kalau kawasan itu biasanya macet gara-gara banyaknya turis yang datang.

Di sana enggak cuma bisa ngeliat pemandangan yang indah, tapi juga bisa belanja tanaman dan bunga-bungaan. Selain itu, kita juga bisa foto-foto buat kenang-kenangan.

Penutup

Jadi, itu dia beberapa tempat wisata taman bunga yang bisa kamu kunjungi saat liburan ke Medan. Semoga artikel ini bisa membantu ya. Have fun! Dan jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan di taman bunga agar tetap indah dan nyaman untuk dinikmati semua orang.