10 Wisata Barabai Terbaru; Destinasi Wajib di Hulu Sungai Tengah

Serunya Jelajahi Wisata Barabai: Destinasi Wajib di Hulu Sungai Tengah

Mau Liburan yang Tak Terlupakan? Ini Daftar Tempat Liburan Keren di Barabai, Hulu Sungai Tengah. Lokasi Wisata Alam Teranyar, Paling Cantik, dan Paling Digemari Buat Liburan.

Kalimantan Selatan memang dikenal dengan keindahan wisata alamnya. Mirip dengan Hulu Sungai Selatan, Hulu Sungai Tengah juga jadi daerah yang punya pemandangan alam mempesona. Di artikel ini, kita akan bahas beberapa pilihan tempat yang keren buat jalan-jalan saat liburan bareng orang yang spesial. Penasaran apa aja nih? Langsung aja simak daftar tempat liburan kece di Barabai yang bisa kamu pilih buat nikmatin keindahan alam yang memukau.

1. Gunung Halau-Halau

Gunung Halau-Halau Saran pertama buat tempat liburan yang bisa kamu coba buat habisin waktu santai bareng teman atau keluarga tersayang, yaitu mampir ke Gunung Halau-Halau yang sering jadi tujuan favorit para traveler. Pas nyampe di gunung ini, kamu bakal disuguhin pemandangan alam yang sulit dilupain.

Banyak pilihan trek buat daki Gunung Halau-Halau, jadi para pengunjung bisa milih jalur pendakian yang cocok sama kemampuan mereka. Tentu aja, tempat ini jadi pilihan keren buat kamu yang doyan banget daki gunung.

Alamat: Juhu, Kec. Batang Alai Timur, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

2. Lok Laga

Lok Laga jadi salah satu saran tempat liburan yang sering jadi pilihan para wisatawan pas datang ke Hulu Sungai Tengah. Lok Laga itu sendiri tuh tempat wisata sungai dengan pemandangan air yang seger banget, dan masih bening. Tempat ini termasuk wisata yang nggak rame pengunjung.

Jadi, buat kamu yang pengen mampir ke sini, pasti bakal ngerasain suasana tenang yang asyik, cocok buat tempat yang enak buat hilangin stres gara-gara capek kerja beberapa bulan terakhir. Lok Laga ini ada di Haruyan, Hulu Sungai Tengah, dan jadi tempat yang sering dikunjungin sama orang sekitar.

Harga Tiket: Rp 7.500

Alamat: Jl. Lok Laga, Kec. Haruyan, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Peta menuju kesana:

3. Wisata Nateh

Saran tempat liburan selanjutnya yang bisa jadi pilihan kamu bareng keluarga buat habisin waktu liburan atau akhir pekan, yaitu mampir ke tempat wisata Nateh. Pemandangan alam di Nateh tuh keren banget, lho. Makanya, banyak yang jadiin tempat ini sebagai pilihan yang paling dicari sama para wisatawan.

Di area tempat wisata itu, ada jembatan yang sering dipake buat latar foto sama orang sekitar atau wisatawan yang datang. Sebelum Nateh jadi tempat wisata, Nateh tuh dulunya sebuah desa yang cukup terkenal di Kalimantan.

Kalo mampir ke Nateh, pengunjung bisa nikmatin pemandangan indah berupa bukit-bukit dan sungai yang tenang. Karena lingkungan sekitarnya masih sepi dan suasana alamnya yang adem, tempat ini jadi salah satu destinasi yang kayaknya paling dicari sama para wisatawan pas berkunjung.

Alamat: Nateh, Kec. Batang Alai Timur, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Baca Juga:

4. Banyu Panas Hantakan

Kalo kamu pertama kali denger tempat Banyu Panas, pasti kesan pertamanya air pemandiannya panas, kan? Tapi sebenernya di tempat Banyu Panas Hantakan ini, air sungainya nggak panas, melainkan ada bagian air yang hangat di kolamnya.

Di bagian ujung sungai itu, ada kolam yang airnya hangat. Biasanya, pengunjung yang datang ke Banyu Panas Hantakan ini, pake kolam air hangat itu buat ngobatin masalah kulit, sampe ngatasin tulang dan sendi biar lebih rileks.

Alamat: Haruyan Dayak, Kec. Hantakan, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

5. Bukit Rindang

Saran ke-5 yang bisa jadi pilihan kamu bareng keluarga atau orang tersayang buat liburan, yaitu mampir ke Bukit Rindang. Kalo kamu ada di Bukit Rindang ini, ada beberapa tempat buat spot foto dengan keunikan tersendiri buat diabadikan.

Nikmatin keindahan panorama alam yang cantik dari atas bukit, jadi sensasi khusus buat para pengunjung yang datang. Pas kamu sampe di atas bukit ini, sejauh mata ngeliat, kamu bakal dimanjain sama pemandangan alam yang hijau dan asri banget.

Alamat: Nateh, Kec. Batang Alai Timur, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

6. Destinasi Kampung Bambu

Tempat wisata Kampung Bambu ini tuh termasuk destinasi wisata yang lumayan baru. Lokasinya ada di Batang Alai Timur, yang menawarkan keindahan pegunungan Meratus, dan ada juga kolam pemancingan ikan yang bisa kamu masakin sendiri. Selain itu, ada area kebun sayur dan buah-buahan juga, lho.

Di tempat ini juga disediain beberapa gazebo yang ada di pinggir bukit, plus banyak spot foto yang keren. Salah satu spot foto yang menarik tuh spot kapal yang letaknya di pinggir gunung, trus ada ayunan langit, dan hammock yang biasa dipake buat berbaring di pinggir bukit.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan

Alamat: Tandilang, Kec. Batang Alai Timur, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

7. Baruh Bunga Outbond & Waterpark

Tempat wisata Baruh Bunga ini termasuk objek wisata yang baru banget. Di Baruh Bunga, kamu bakal disuguhi wisata yang lebih modern, ada fasilitas waterpark dan beberapa kolam mainan anak. Selain itu, tempat ini juga sering dijadiin lokasi camping, soalnya ada lapangan luas dengan fasilitas yang lengkap.

Selain itu, ada juga fasilitas outbond yang asyik buat dicoba sama para wisatawan, kayak wahana flying fox mini, rope monkey, rope bamboo, arung jeram, wall climbing, dan jembatan tali. Tempat wisata ini letaknya cukup deket sama destinasi lain, misalnya wisata Gua Limbuhang.

Harga Tiket: Rp 30.000 Alamat: Pagat, Kec. Batu Benawa, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

8. Gua Limbuhang

Tempat wisata Gua Limbuhang ini ada di Desa Haliau. Lokasinya sekitar 3 km sebelum tempat wisata Riam Baja Andik. Gua Limbuhang ini menawarkan keindahan gua berair yang ada di danau, dengan pemandangan yang eksotis banget, jadi bisa dijadiin spot foto yang estetik dan keren deh.

Selain wisata gua, ada juga destinasi lain yang bisa kamu coba pas ada di Gua Limbuhang. Di sini juga ada kolam renang yang bisa kamu nikmatin bareng si kecil dan keluarga. Gua yang letaknya di bawah bukit tinggi 50 meter ini, tawarin suasana sejuk dan keindahan telaga mini di bawahnya.

Kalo cuacanya lagi panas di sana, sekitar jam 11 siang sampe jam 2 sore, air telaga di gua itu bakal berwarna biru laut pas kena sinar matahari. Tapi kalo cuacanya agak redup atau gelap, airnya bakal jadi biru kehijauan.

Alamat: Haliau, Pagat, Kec. Batu Benawa, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

9. Gua Batu Sawar

Destinasi wisata gua selanjutnya yang bisa jadi rekomendasi pas kamu ada di Hulu Sungai Tengah adalah Gua Batu Sawar. Buat kamu yang tertarik nyobain tempat ini, siap-siap deh buat ngadepin medan yang cukup terjal dan nanjak selama sekitar 1 jam.

Tapi tenang aja, rasa capek setelah nyebrang medan terjal dan nanjak bakal terbayar pas sampe di gua ini. Kalo diliat dari luar, gua ini mungkin keliatan sempit, tapi jangan salah sangka, di dalem gua ini ada semacam teater dengan pemandangan yang indah dan megah.

Makanya nggak heran kalo gua ini jadi terkenal, banyak wisatawan yang pengen mampir ke sini buat ngeliat keindahan di dalem gua. Keindahannya yang megah bikin orang yang masuk ke dalem gua betah banget dan jadi spot foto yang keren buat diabadikan.

Alamat: Kec. Batang Alai Timur, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

10. Tugu Burung Sulangking

Rekomendasi tempat wisata terakhir yang bisa jadi pilihan pas kamu jalan-jalan ke Hulu Sungai Tengah adalah Tugu Burung Sulangking. Tempat ini wajib banget buat dicoba para wisatawan, soalnya tugu ini kayaknya jadi ikon dari Hulu Sungai Tengah. Jadi, kalo lagi main ke Hulu Sungai Tengah, jangan lupa mampir ke tugu ini ya.

Tampilan tugu yang menarik dan ikonik bikin para wisatawan yang datang pengen banget foto-foto di sini. Tugu ini punya ukuran yang cukup gede, jadi keliatan megah dan keren dari jauh.

Setiap daerah pasti punya ikon yang jadi ciri khas, mulai dari tugu pahlawan nasional sampe hewan endemik di kota itu. Salah satunya nih Tugu Burung Sulangking, dengan penampilannya yang megah dan mempesona, punya makna filosofis di dalamnya.

Burung Sulangking ini dikenal sebagai hewan endemik dari Kalimantan Selatan, sering dijadikan penanda kalo wisatawan mau jalan dari arah Banjarmasin. Tapi sayangnya, burung Sulangking yang jadi fauna khas Kalimantan Selatan ini udah punah, jadi nggak banyak orang yang tau bentuk aslinya.

Makna filosofis di balik tugu ini adalah menjadikan Burung Sulangking sebagai ikon kota karena burung ini sering bangun pas pagi hari. Jadi, orang-orang di daerah sini selalu berharap bisa niru kebiasaan baik burung ini buat bangun pagi dan beraktivitas dengan produktif.

Alamat: Jl. Brigjen Hasan Basri, Bukat, Kec. Barabai, Kab. Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Tempat Wisata Barabai Lengkap Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Menemukan tempat wisata alam yang menarik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan? Barabai adalah jawabannya! Terletak di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Barabai menawarkan sejumlah tempat wisata alam yang menakjubkan untuk dieksplorasi. Dari keindahan sungai-sungai yang jernih hingga pemandangan perbukitan yang menawan, Anda akan menemukan banyak pilihan menarik untuk dinikmati di daerah ini.

Tempat Wisata Barabai Lengkap Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Berikut ini, kami akan membahas beberapa tempat wisata paling populer di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, yang akan membuat liburan Anda tak terlupakan!

Poin Kunci:

  • Menikmati keindahan alam Kabupaten Hulu Sungai Tengah di Barabai, Kalimantan Selatan.
  • Temukan berbagai tempat wisata alam yang menarik seperti sungai-sungai indah dan perbukitan mempesona.
  • Berbagai aktivitas menarik seperti permainan air dan spot-spot foto yang spektakuler.
  • Nikmati fasilitas lengkap dan modern di tempat wisata seperti waterpark dan kolam bermain anak.
  • Terhubung dengan alam dan menikmati pesona pegunungan serta pesona panoramik yang belum banyak terjamah.

Daftar 9 Tempat Wisata Alam yang Kekinian di Barabai

Kabupaten Hulu Sungai Tengah memiliki banyak objek wisata alam yang kekinian dan menarik untuk dikunjungi. Berikut ini adalah daftar 9 tempat wisata alam yang populer di Barabai:

  1. Taman Wisata Alam Keraton
  2. Taman Wisata Alam Hujan Panas
  3. Wisata Air Terjun Mandiangin
  4. Taman Kota Barabai
  5. Wisata Alam Bukit Kelam
  6. Taman Bunga Sakura
  7. Taman Kupu-Kupu
  8. Perkebunan Teh Gunung Meratus
  9. Taman Wisata Alam Bukit Raya

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata alam yang menakjubkan ini saat berada di Barabai. Nikmati pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang di sini. Semua tempat wisata ini juga menawarkan kesempatan untuk berfoto yang menarik, jadi pastikan untuk membawa kamera Anda!

“Saya sangat terkesan dengan keindahan alam di Barabai. Tempat-tempat wisata alamnya begitu indah dan menyejukkan. Saya sudah mengunjungi beberapa tempat dari daftar ini, dan semuanya sungguh luar biasa. Sangat direkomendasikan untuk wisatawan yang mencari kegiatan di alam terbuka!”- Wisatawan Puas

Riam Bajandik: Indahnya Wisata di Desa Baru

Riam Bajandik terletak di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa. Tempat wisata ini menawarkan keindahan alam pegunungan, sungai yang jernih, dan spot-spot foto menarik. Pengunjung juga dapat menikmati berbagai permainan air dan fasilitas yang memadai.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala

Riam Bajandik merupakan destinasi wisata yang memukau di Desa Baru. Dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah, pengunjung dapat menikmati suasana menyegarkan dan menenangkan yang ditawarkan oleh aliran air yang berkilauan di sekitarnya. Suara deburan air yang mengalir melalui bebatuan menambah keasrian tempat ini.

Para pengunjung dapat berenang atau bermain air di sungai yang jernih ini, serta menikmati keindahan alam sekitar. Ada berbagai spot foto menarik, di mana Anda dapat mengambil foto-foto cantik dengan latar belakang air terjun atau pemandangan pegunungan.

Fasilitas di Riam Bajandik juga sangat memadai. Terdapat area parkir luas, kantin, dan toilet yang bersih. Pengunjung juga dapat menyewa perahu karet untuk menikmati keindahan alam sekitar sungai.

Aktivitas Menarik di Riam Bajandik

Riam Bajandik menawarkan berbagai aktivitas menarik yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan saat mengunjungi Riam Bajandik:

  1. Berenang di sungai yang jernih
  2. Exploring dan berfoto di spot-spot indah di sekitar air terjun
  3. Bermain air dan mandi di aliran air yang segar
  4. Menikmati pemandangan alam yang indah
  5. Menyewa perahu karet untuk mengelilingi area sungai

Riam Bajandik adalah destinasi wisata yang menawarkan keindahan alam yang menawan dan fasilitas yang lengkap. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Riam Bajandik saat Anda berwisata ke Desa Baru, Barabai.

Pulau Mas: Keindahan Wisata di Dekat Riam Bajandik

Pulau Mas berada hanya sekitar 1 km dari Riam Bajandik, di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa. Tempat ini menyajikan keindahan alam yang serupa dengan Riam Bajandik. Pengunjung dapat menikmati perahu kayu tradisional dan beragam spot foto menarik.

Pulau Mas, yang terletak di dekat Riam Bajandik di Desa Baru, Kecamatan Batu Benawa, menawarkan pengalaman wisata alam yang memukau. Pulau ini dikelilingi oleh keindahan alam yang serupa dengan Riam Bajandik, dengan sungai yang jernih dan pemandangan pegunungan yang mempesona.

Saat mengunjungi Pulau Mas, pengunjung dapat menikmati perjalanan menggunakan perahu kayu tradisional yang khas di area tersebut. Perahu ini mengantar Anda melintasi sungai yang indah, memungkinkan Anda untuk bersantai dan menikmati pemandangan sekitar.

Tidak hanya itu, Pulau Mas juga menawarkan beragam spot foto menarik. Pengunjung dapat mengabadikan momen mereka di tengah keindahan alam yang mengelilingi pulau ini. Dari pemandangan sungai yang tenang hingga hutan hijau yang rimbun, setiap sudut pulau ini menawarkan potensi foto yang tak terbatas.

Gua Limbuhang: Gua Berair dengan Keindahan yang Eksotis

Gua Limbuhang terletak di Desa Haliau, Kecamatan Batu Benawa. Gua ini menawarkan keunikan dengan adanya air di dalamnya yang bisa berubah warna tergantung pada cuaca. Pengunjung dapat menikmati keindahan gua berair dan kolam renang yang tersedia.

Gua Limbuhang adalah salah satu tempat wisata yang menjadi daya tarik warga setempat maupun wisatawan yang berkunjung ke Barabai. Keindahan alam gua ini akan memukau mata Anda saat melihat air yang mengalir di dalamnya. Uniknya, air di Gua Limbuhang memiliki kemampuan untuk berubah warna sesuai dengan cuaca yang ada di sekitarnya. Pada hari-hari cerah, air bisa berwarna biru kehijauan yang segar, sementara saat cuaca mendung, air berwarna kecoklatan yang eksotis.

Bagi pengunjung yang menyukai petualangan, Gua Limbuhang juga menawarkan kolam renang yang bisa Anda nikmati. Setelah berselancar di alam bebatuan gua, Anda dapat berendam dan berenang dalam kolam renang yang menyegarkan. Airnya yang jernih dan sejuk akan membuat Anda merasa rileks dan terhibur.

Untuk mencapai Gua Limbuhang, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum. Lokasinya yang strategis membuat gua ini mudah dijangkau dari pusat kota Barabai. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhi pemandangan alam yang indah saat perjalanan menuju Gua Limbuhang.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Gua Limbuhang saat berada di Barabai. Anda akan terpesona oleh keindahan gua berair ini dan pengalaman yang tak terlupakan.

Baruh Bunga: Wisata Modern dengan Fasilitas Lengkap

Baruh Bunga adalah tempat wisata yang menawarkan fasilitas modern dan lengkap yang akan memenuhi segala kebutuhan liburan Anda. Terletak di Batu Benawa, tempat ini menjadi salah satu destinasi wisata populer di Barabai, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Dengan berbagai fasilitas yang tersedia, Baruh Bunga cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, teman, atau pasangan.

Fasilitas dan Aktivitas yang Menarik

Baruh Bunga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat membuat hari liburan Anda semakin berkesan. Di sini, Anda dapat menikmati serunya bermain di waterpark yang menawarkan beragam perosotan air dan kolam renang yang menyegarkan. Bagi anak-anak, tersedia juga kolam bermain yang aman dan menyenangkan.

Tidak hanya itu, Baruh Bunga juga memiliki area perkebunan sayur dan buah-buahan yang memukau. Anda dapat menjelajahi kebun dan memetik langsung buah atau sayuran segar sebagai pengalaman yang mengasyikkan. Selain itu, terdapat juga restoran dan kafe yang menyajikan hidangan lezat dari hasil panen sendiri.

Bagi Anda yang menyukai petualangan, Baruh Bunga juga menawarkan kegiatan outdoor yang menarik. Anda dapat mencoba flying fox yang menantang atau merasakan sensasi mengarungi arus sungai dengan arung jeram. Aktivitas-aktivitas ini akan membuat liburan Anda semakin mengesankan dan penuh adrenalin.

Informasi Praktis

Baruh Bunga buka setiap hari mulai pukul 08.00 pagi hingga 18.00 sore. Tiket masuk ke tempat wisata ini juga cukup terjangkau, sehingga Anda dapat menikmati semua fasilitas yang ada tanpa perlu khawatir akan biaya yang tinggi.

Jadi, jangan ragu untuk mengunjungi Baruh Bunga saat liburan di Barabai. Nikmati momen-momen menyenangkan di waterpark, jelajahi perkebunan, dan rasakan sensasi petualangan yang tak terlupakan. Baruh Bunga adalah pilihan tepat untuk mengisi liburan Anda dengan keceriaan dan kepuasan.

FasilitasJam BukaHarga Tiket Masuk
Waterpark08.00 – 18.00Rp 50.000/orang
Kolam Bermain08.00 – 18.00Rp 30.000/orang
Perkebunan08.00 – 18.00Rp 20.000/orang
Flying Fox09.00 – 17.00Rp 50.000/orang
Arung Jeram09.00 – 17.00Rp 100.000/orang

Manggasang: Wisata di Belakang Rumah Warga

Manggasang adalah salah satu tempat wisata yang menarik di Kecamatan Batu Benawa, dekat perbatasan dengan Kecamatan Hantakan. Tempat ini awalnya digunakan sebagai tempat mencuci mobil atau motor oleh warga sekitar. Namun, sekarang Manggasang telah berkembang menjadi tempat yang populer untuk mandi dan berendam dengan pemandangan yang indah.

Di Manggasang, Anda dapat menikmati suasana yang tenang dan menyegarkan. Tempat ini didesain dengan baik dan menyediakan area kolam yang cukup luas untuk berenang atau berendam. Airnya jernih dan segar, cocok untuk melepas penat sejenak dari rutinitas sehari-hari.

“Manggasang merupakan tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman. Suasana yang nyaman dan pemandangan yang indah membuat Anda merasa seperti sedang berlibur di tempat eksklusif.”

Selain itu, di sekitar area kolam, terdapat berbagai fasilitas seperti warung makan dan tempat duduk yang nyaman. Anda dapat bersantai sambil menikmati hidangan khas daerah sekitar.

Baca Juga:  Tempat Wisata di Marabahan Kabupaten Barito Kuala

Fasilitas yang Tersedia di Manggasang:

  • Kolam renang yang luas dan nyaman
  • Warung makan dengan menu yang lezat
  • Tempat duduk dan area beristirahat
  • Area parkir yang luas
  • Musholla

Manggasang merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga atau teman-teman. Kehadirannya sebagai tempat wisata di Belakang Rumah Warga memberikan kemudahan akses dan suasana yang tidak terlalu padat. Jadi, jika Anda sedang mencari tempat wisata di Batu Benawa atau objek wisata di Hantakan yang menyenangkan, jangan lewatkan Manggasang!

Bendung Batang Alai: Keindahan Bendungan di Kaki Pegunungan Meratus

Bendung Batang Alai merupakan salah satu tempat wisata yang menarik di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Barabai. Terletak di Desa Labuhan, Kecamatan Batang Alai Selatan, bendungan ini menawarkan pemandangan indah yang memukau.

Dengan lokasinya yang berada di kaki pegunungan Meratus, Bendung Batang Alai menawarkan pesona alam yang begitu memikat. Anda akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan dari air yang mengalir deras melalui bangunan bendungan yang megah. Nikmati suasana yang tenang sambil menikmati keindahan panorama alam sekitar.

Tempat wisata ini juga dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan pengunjung. Terdapat kamar ganti, WC, dan gazebo yang tersedia untuk digunakan. Anda dapat bersantai sejenak di gazebo sambil menikmati pemandangan yang indah sekitar bendungan ini.

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Bendung Batang Alai saat berada di Barabai. Nikmati keindahan alam dan suasana yang tenang di kaki pegunungan Meratus. Rasakan sensasi memukau dari pemandangan bendungan yang mempesona dan manjakan diri dengan fasilitas yang disediakan untuk kenyamanan pengunjung.

Desa Nateh: Jelajahi Keindahan Alam dan Pesona Gunung

Desa Nateh terletak di Kecamatan Batang Alai Timur, Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Desa ini dikelilingi oleh dinding-dinding gunung yang indah, menciptakan panorama alam yang menakjubkan. Wisatawan sering mengunjungi Desa Nateh untuk menikmati keindahan alamnya dan menjadikannya sebagai spot foto yang menarik.

Selain menawarkan pemandangan yang memukau, Desa Nateh juga merupakan titik awal untuk wisata arung jeram menggunakan perahu karet. Anda dapat menyusuri sungai yang mengalir di tengah pesona alam Desa Nateh dan menghadapi tantangan arus yang menantang. Ini adalah pengalaman yang seru bagi pecinta petualangan dan adrenalin.

Untuk mencapai Desa Nateh, Anda dapat menggunakan transportasi darat dari Barabai. Perjalanan dari Barabai menuju Desa Nateh akan memakan waktu sekitar 1-2 jam tergantung pada kondisi jalan dan lalu lintas. Namun, perjalanan yang Anda lakukan akan sebanding dengan keindahan alam yang menunggu di Desa Nateh.

Bagi Anda yang mencari tempat wisata alam yang menarik di Barabai, jangan lupa kunjungi Desa Nateh. Nikmati pesona gunung yang spektakuler dan jangan lupa untuk berfoto di spot-spot yang menakjubkan. Desa Nateh akan memenuhi kebutuhan liburan Anda yang ingin menjelajahi keindahan alam dan merasakan pesona gunung yang memukau.

Wisata di Desa NatehFasilitasAktivitas
Pemandangan gunung yang spektakuler
Spot foto yang menarik
Wisata arung jeram menggunakan perahu karet

Jelajahi Desa Nateh dan saksikan keindahan alam yang memukau serta pesona gunung yang menawan. Temukan spot-spot foto yang menarik dan rasakan sensasi seru arung jeram di Desa Nateh. Liburan Anda di Barabai akan menjadi lebih berkesan dengan mengunjungi tempat wisata alam yang menakjubkan ini.

Kampung Bambu: Wisata dengan Kolam Pemancingan dan Spot Foto Menarik

Kampung Bambu, yang terletak di Desa Tandilang, Kecamatan Batang Alai Timur, adalah salah satu tempat wisata yang menarik di Barabai. Di sini, Anda dapat menikmati berbagai fasilitas dan aktivitas yang disediakan.

Salah satu daya tarik utama di Kampung Bambu adalah kolam pemancingan ikan yang tersedia. Pengunjung dapat mencoba keahlian memancing mereka sambil menikmati suasana alam yang sejuk di sekitarnya.

Selain itu, Kampung Bambu juga memiliki perkebunan sayur dan buah-buahan yang indah. Anda dapat menjelajahi kebun ini dan melihat beragam tanaman yang tumbuh dengan subur.

Tidak hanya itu, Kampung Bambu juga memiliki spot-spot foto menarik yang akan mempercantik galeri foto liburan Anda. Pemandangan pegunungan Meratus yang memukau akan menjadi latar belakang yang sempurna untuk momen-momen berharga.

Apakah Anda ingin bersantai dan menikmati keindahan alam sambil menikmati kolam pemancingan dan spot foto yang menarik? Kampung Bambu adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi saat Anda berada di Barabai.

Fasilitas
Kolam pemancingan ikan
Perkebunan sayur dan buah-buahan
Spot-spot foto menarik

Pulau Lampam: Pesona Alam yang Menawan

Pulau Lampam adalah tempat wisata yang baru dibuka di Desa Pagat, Kecamatan Batu Benawa. Tempat ini menawarkan panorama alam yang indah, perahu kayak warna-warni, serta spot-spot foto menarik. Pengunjung dapat menikmati pesona alam yang belum banyak terjamah.

Kesimpulan

Kabupaten Hulu Sungai Tengah, terutama Barabai, memiliki berbagai tempat wisata alam yang menarik dan kekinian. Dengan keindahan sungai, air terjun, perbukitan, dan gua, Anda memiliki banyak pilihan untuk dinikmati sebagai wisatawan. Jika Anda sedang mencari liburan yang dapat memanjakan mata dan jiwa, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Barabai dan menikmati pesona alamnya yang begitu indah.

Barabai menyajikan pesona alam yang memukau, membawa Anda ke dalam keindahan Kalimantan Selatan. Dari wisata air seperti air terjun dan sungai yang indah hingga keunikan gua dengan keindahan eksotisnya, semua ada di sini. Tidak hanya itu, Anda dapat menikmati kegiatan seru seperti arung jeram dan foto-foto menarik di spot-spot yang disediakan.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi tempat-tempat wisata alam yang menarik ini di Barabai. Anda akan terpesona oleh keindahan alam Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan. Nikmati liburan yang tak terlupakan dengan mengunjungi wisata alam di Barabai dan melakukan perjalanan seru ke tempat-tempat yang menarik di daerah ini. Jadikan perjalanan Anda sebagai pengalaman yang penuh kenangan indah.

FAQ

Apa tempat wisata yang terkenal di Barabai?

Beberapa tempat wisata terkenal di Barabai antara lain Riam Bajandik, Pulau Mas, Gua Limbuhang, Baruh Bunga, Manggasang, Bendung Batang Alai, Desa Nateh, Kampung Bambu, dan Pulau Lampam.

Di mana lokasi Kabupaten Hulu Sungai Tengah?

Kabupaten Hulu Sungai Tengah terletak di Kalimantan Selatan dan menawarkan sejumlah tempat wisata alam yang menarik di Barabai.

Apa yang dapat dinikmati oleh pengunjung di Riam Bajandik?

Pengunjung Riam Bajandik dapat menikmati keindahan alam pegunungan, sungai yang jernih, spot-spot foto menarik, permainan air, dan fasilitas yang memadai.

Apa yang dapat ditemukan di Pulau Mas?

Di Pulau Mas, pengunjung dapat menikmati keindahan alam serupa dengan Riam Bajandik, perahu kayu tradisional, dan beragam spot foto menarik.

Apa keunikan dari Gua Limbuhang?

Gua Limbuhang menawarkan keunikan dengan adanya air di dalamnya yang bisa berubah warna tergantung pada cuaca. Pengunjung dapat menikmati keindahan gua berair dan kolam renang yang tersedia.

Apa fasilitas yang ditawarkan oleh Baruh Bunga?

Baruh Bunga menawarkan fasilitas modern seperti waterpark, kolam bermain anak, area perkebunan sayur dan buah-buahan, serta kegiatan outdoor seperti flying fox dan arung jeram.

Apa yang menarik dari Manggasang?

Manggasang adalah tempat wisata yang awalnya digunakan sebagai tempat mencuci mobil atau motor. Sekarang, pengunjung dapat mandi dan berendam sambil menikmati pemandangan yang indah.

Bagaimana keindahan Bendung Batang Alai?

Bendung Batang Alai menawarkan pemandangan indah dari bendungan yang berada di kaki pegunungan Meratus. Fasilitas seperti kamar ganti, WC, dan gazebo juga tersedia.

Apa yang menarik di Desa Nateh?

Desa Nateh dikelilingi oleh dinding-dinding gunung yang indah. Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang menawan dan sering dijadikan spot foto oleh wisatawan. Desa Nateh juga merupakan titik awal untuk wisata arung jeram menggunakan perahu karet.

Apa yang ditawarkan oleh Kampung Bambu?

Kampung Bambu menawarkan kolam pemancingan ikan, perkebunan sayur dan buah-buahan, serta spot-spot foto menarik. Pengunjung dapat menikmati pemandangan pegunungan Meratus dan berbagai fasilitas yang disediakan.

Bagaimana panorama alam di Pulau Lampam?

Pulau Lampam adalah tempat wisata baru di Barabai yang menawarkan panorama alam yang indah, perahu kayak warna-warni, serta spot-spot foto menarik.

Penutup

Nah, itu tadi daftar rekomendasi tempat wisata baru dan keren di Barabai, Hulu Sungai Tengah yang seru buat kamu coba pas liburan bareng keluarga atau teman. Selain daftar yang udah dirangkum di atas, masih banyak banget destinasi wisata lain yang menunggu buat kamu jelajahi di Hulu Sungai Tengah. Jadi, yuk, rencanain liburan seru bareng orang tersayang dan nikmati keindahan alam dan wisata menarik di sana!