25 Wisata Alam di Medan yang Memikat Wajib Dikunjungi

Medan, si kota indah nan memikat hati yang terletak di Sumatera Utara, memiliki banyak destinasi wisata alam yang sungguh memukau. Masing-masing tempat wisata yang ada di sana memiliki keunikan dan daya tarik tersendiri yang pasti takkan membuatmu bosan. Tak heran jika Medan menjadi primadona wisata Sumatera Utara.

Tidak hanya itu, Medan juga terkenal akan kelezatan kuliner-kulinernya yang sudah terkenal ke seluruh Indonesia. Dari yang manis hingga yang pedas, kuliner Medan siap memanjakan lidahmu yang lelah dari penatnya menjelajahi tempat-tempat wisata yang ada.

Bagi kita yang ingin merasakan pengalaman wisata yang tak terlupakan, Medan adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Ada banyak destinasi wisata yang menarik dan pastinya akan memuaskan keinginanmu akan liburan yang seru dan menyenangkan. kita bisa mengunjungi beberapa tempat kuliner khas Medan atau menjelajahi tempat-tempat wisata yang tak kalah menarik.

Nah, kali ini kita mau bahas tentang tempat wisata alam di Medan yang keren-keren dan patut buat kita kunjungin. Medan emang punya beberapa spot wisata alam yang keren abis dan sayang banget kalau dilewatin begitu saja. Buat kita yang suka banget sama alam dan pengen ngadem sejenak dari hiruk-pikuk kota, coba deh mampir ke beberapa tempat berikut:

1. Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kalo kita ngomongin kawah putih pasti langsung terbayang sama tempat wisata di Ciwidey ya. Tapi tau ga, di Medan juga ada kawah putih yang super keren dan selalu ramai dikunjungin. Lokasinya ada di Dolok Marawa, Silau Kahean, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, dan beneran deh, tempat ini nggak akan pernah bikin kita bosen.

Baca Juga:  8 Tempat Wisata Lebaran di Medan Terasyik

Lokasinya yang unik dan menarik selalu jadi primadona buat para wisatawan. Kalo diliat dari jauh, tempat ini tuh kyk es salju yang berserakan di tanah. Padahal sebenernya itu kawah yang banyak mata air panasnya, cuma kayanya batu-batunya yang putih itu bikin tempat ini keliatan cantik banget.

Sebagai salah satu destinasi wisata alam di Medan, kawah putih Dolok Marawa ini wajib banget buat kita datengin kalo lagi liburan di Medan. Suasana di sini masih asri dan sejuk banget, cocok banget buat kita yang pengen nge-rileks dan ngilangin penat. Tempatnya juga enak banget buat foto-foto, jadi jangan lupa bawa kamera ya!

Jadi, kalo lagi ke Medan jangan lupa mampir ke kawah putih Dolok Marawa ini ya. Seru banget deh pokoknya!

2. Bukit Indah Simarjarunjang

Pasti kita semua sudah tahu kan dengan tempat wisata kalibiru yang terkenal di Jogja? Nah, medan juga punya tempat yang nggak kalah keren lho, namanya Bukit Indah Simarjarunjang. Konsep dari tempat wisata yang satu ini mirip banget dengan kalibiru di Jogja, tapi letaknya ada di medan.

Yang paling bikin betah di sini adalah adanya pelataran menara pandangan yang bertumpu pada sebuah pohon. Dari sana kita bisa menikmati pemandangan danau toba yang terkenal banget keindahannya. Dan ada banyak lagi fasilitas wisata yang menarik di kawasan ini.

Jangan heran kalau Bukit Indah Simarjarunjang ini jadi salah satu spot foto yang hits di medan ya. Pemandangan di sini semakin indah pas waktu sunset. Bener-bener cocok buat kita yang suka hunting foto dengan alam yang cantik dan memukau.

3. Danau Toba

Pasti kita semua tahu tentang Danau Toba, ya kan? Itu loh, danau yang bikin warga Sumatra Utara bangga banget. Sebagai salah satu destinasi wisata di Sumatra Utara, tempat ini selalu ramai dengan para turis yang datang dari berbagai penjuru. Enggak heran sih, Danau Toba memang terkenal banget sebagai danau terbesar di Indonesia.

Baca Juga:  Taman Mora Indah Medan, Destinasi Liburan Keluarga yang Populer Banget

Danau Toba ini sebenarnya bukan hanya menawarkan pemandangan yang indah, tapi juga memiliki nilai sejarah dan budaya yang sangat kaya. Konon katanya, Danau Toba ini terbentuk dari letusan gunung berapi raksasa yang terjadi sekitar 75 ribu tahun yang lalu. Gila kan, itu artinya danau ini sudah ada sejak zaman prasejarah!

Selain keindahannya yang memukau, Danau Toba juga memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Di sini, kita bisa menikmati kegiatan yang seru dan menantang, seperti naik perahu keliling danau atau menjelajahi pulau-pulau kecil di sekitarnya. Selain itu, kita juga bisa belajar tentang kebudayaan Batak yang masih kental terasa di sekitar Danau Toba.

kita harus tau, kebudayaan di sekitar Danau Toba enggak cuma tarian-tarian doang, lho. Ada juga bangunan-bangunan khas yang jadi ciri khas masyarakat di sana. Keren banget, kan? Kalau kita suka dengan sejarah dan budaya, wajib banget nih ke Danau Toba!

Tapi, yang paling bikin kita terpesona dari Danau Toba adalah keindahan alamnya yang bikin hati tenang. Pernah denger ga sih tentang sunset di Danau Toba? Gila banget, itu salah satu momen paling indah yang pernah kita alamin! Jadi, kalau kita mau lihat keindahan lain dari Danau Toba, datanglah saat matahari terbenam.

4. Arung Jeram Sungai Wampu

Kalo kita suka olahraga yang seru dan menantang, coba deh datang ke wisata alam di medan yang satu ini. Arung jeram Sungai Wampu yang ada di Desa Maryke, Kecamatan Kutambaru, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Lokasinya deket banget sama Medan, cuma 1,5-2 jam perjalanan aja.

Tapi jangan salah, keindahan sungai ini bisa bikin kagum banget. Kalo kita ikut arung jeram, kita bakal dihibur sama pemandangan yang memukau banget. Bahkan gak kalah sama Green Canyon yang terkenal itu.

Baca Juga:  Pantai Keren di Medan yang Konon Katanya Mirip Bali

Tempat yang nyaman dan udaranya sejuk membuat aktivitas yang satu ini selalu ramai dengan pengunjung dari dalam dan luar kota. Selama menikmati kegiatan ini, kita bisa menikmati pemandangan yang indah dan juga melihat aktivitas warga lokal. Jangan lewatkan juga air terjun yang ada di lokasi rute arung jeram kita, cantik banget! Yuk, jangan sampai ketinggalan keseruan ini!

25 Tempat Wisata Alam di Medan Lainnya

Selain tempat yang udah disebutin sebelumnya, masih banyak tempat lain yang bisa kita kunjungin, geng! Kalo kita suka pantai yang eksotis, cobain deh ke Pantai Salju, atau kalo mau lihat pemandangan dari ketinggian, dateng aja ke Bukit Paropo Silalahi. Kalo pengen nyoba kegiatan yang lebih seru, jangan lupa dateng ke Tangkahan-Langkat, tempatnya asik buat arung jeram dan trekking.

Kalo kita lebih suka wisata air, ada juga tempat yang seru banget kayak Sei Bingei, Air Terjun Simangande, Air Terjun Dua Warna, dan Air Terjun Tujuh Tingkat. Buat yang suka tantangan, cobain aja buat jalan-jalan di Taman Labirin atau tracking ke Bukit Lawang.

Dan masih banyak lagi tempat wisata yang bisa kita kunjungin, kayak Pulau Mursala, Bukit Gundaling, Pulau Samosir, Air Terjun Telaga Sibolangit, Air Terjun Sipiso-piso, Gunung Sibayak, Air Terjun Sigura-gura, Cagar Alam Sibolangit, dan Air Terjun Janji. Jangan lewatkan keseruan wisata di tempat-tempat itu, ya!

Penutup

Nah, itu dia beberapa tempat wisata alam yang keren banget di Medan, geng! Tiap tempat wisata pasti punya pengalaman seru dan kesan yang beda-beda, jadi jangan sampai kelewatan ya! Tapi inget, jangan lupa tetap jaga kesehatan dan keselamatan diri pas lagi berlibur. Pastiin juga buat selalu ikut protokol kesehatan, ya! Mudah-mudahan info ini bermanfaat buat kita yang lagi cari tempat liburan asyik di Medan.